Setting waktu pada Mikrotik

Setting waktu pada Mikrotik

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan artikel tentang Setting waktu pada Mikrotik

Setting waktu pada Mikrotik wajib dilakukan apabila kita akan implementasi rule-rule berdasarkan parameter waktu, dimana rule tersebut dikonfigurasikan agar berjalan pada waktu tertentu. Misalnya scheduler.

Perbedaan waktu nyata dengan router Mikrotik akan mengakibatkan rule tidak berjalan sesuai kebutuhan. Selain itu, pencatatan Log pada Router tidak sesuai.

Setting waktu pada Mikrotik bisa dilakukan pada menu System > Clock. By default waktu pada Router Mikrotik menunjukkan jam 00:00:00 tanggal Jan/02/1970. Harus dilakukan penyesuaian waktu pada Router.

Setting waktu pada Mikrotik

Setting waktu pada Mikrotik

Pengaturan manual pada System > Clock tersebut akan kembali ke pengaturan default saat router reboot. Hardware RouterBoard tidak dirancang untuk bisa melakukan penyimpanan waktu seperti hal nya sebuah Komputer.

Setting waktu pada Mikrotik bisa menggunakan service NTP (Network Time Protocol) yang memungkinkan Router bisa melakukan sinkronisasi waktu terhadap perangkat lain pada jaringan.

Mikrotik bisa difungsikan sebagai NTP server maupun NTP Client atau kedua nya secara bersamaan.

Mikrotik Sebagai NTP Client

Pada package system RouterOS Mikrotik sudah terdapat fitur SNTP (Simple Network Time Protocol) Client yang bisa digunakan untuk memfungsikan Router sebagai NTP Client. Saat menyala, Router akan otomatis melakukan sinkronisasi waktu terhadap NTP Server yang ditunjuk sehingga pengaturan waktu akan tetap update.

Setting waktu pada mikrotik

Setting waktu pada mikrotik

SNTP Client sudah berhasil melakukan sinkronisasi. Setelah sukses melakukan sinkronisasi, tidak serta merta waktu Router sudah benar. Cek pada menu System > Clock . Apabila waktu belum sesuai maka sesuaikan dengan mengatur Time Zone Name .

Setting waktu pada Mikrotik

Setting waktu pada Mikrotik

Sampai disini pengaturan waktu otomatis pada Router Mikrotik sudah selesai.

Untuk lebih jelasnya dapat membaca langsung pada website mikrotik indonesia.

Terima kasih.